HARMASTUTI, Estri and Riyanto, Buddy and Wisudawanto, Rahmat (2015) Efektivitas Pemanfaatan Twitter pada Kegiatan Komunikasi Komunitas Fakta Bahasa Solo. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (157kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan twitter pada kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh komunitas fakta bahasa solo berdasarkan pada teori komunikasi efektif oleh Mc. Crosky Larson dan Knapp. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang merupakan suatu prosedur penelitian dengan menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati. Adapun objek penelitian ini adalah komunitas fakta bahasa solo dengan sumber data berasal dari informan yang tediri dari 2 orang pengurus komunitas fakta bahasa solo, 2 orang pengurus akun twitter fakta bahasa solo, dan 4 orang anggota komunitas fakta bahasa solo serta melalui dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Pemanfaatan twitter pada kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh komunitas fakta bahasa solo berjalan efektif. Efektivitas tersebut meliputi pesan yang disampaikan dapat diterima dan dimengerti dengan baik oleh anggotanya, pesan dapat disetujui dan ditindak lanjuti, serta tidak adanya hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindak lanjuti pesan yang dikirimkan. Selain itu, efektivitas ini dapat tercapai karena fakta bahasa solo tetap memperhatikan kharaktertistik twitter saat menyampaikan pesan serta memperhatikan aspek-aspek yang dapat membantu membuat sebuah pesan menjadi efektif seperti kejelasan, ketepatan, konteks, alur, dan budaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Twitter, Komunikasi, Komunitas |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 08:20 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:55 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/1830 |
Actions (login required)
View Item |