Pengaruh Promosi Penjualan dan Motivasi Belanja Hedonik Terhadap Impulse Buying di Era Pandemi (Studi pada Pengguna Tokopedia di Desa Giriwoyo, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri)

SULISTYOWATI, Endar and Paningrum, Destina and Kusumastuti, Anggit Dyah (2022) Pengaruh Promosi Penjualan dan Motivasi Belanja Hedonik Terhadap Impulse Buying di Era Pandemi (Studi pada Pengguna Tokopedia di Desa Giriwoyo, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri). Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Endar Sulistyowati_Cover_2017081003 - Endar Sulistyowati.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Endar Sulistyowati_Abstrak_2017081003 - Endar Sulistyowati.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Endar Sulistyowati_BAB I_2017081003 - Endar Sulistyowati.pdf

Download (466kB)
[img] Text
Endar Sulistyowati_BAB II_2017081003 - Endar Sulistyowati.pdf

Download (440kB)
[img] Text
Endar Sulistyowati_BAB III_2017081003 - Endar Sulistyowati.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Endar Sulistyowati_BAB IV_2017081003 - Endar Sulistyowati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
Endar Sulistyowati_BAB V_2017081003 - Endar Sulistyowati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
Endar Sulistyowati_Daftar Pustaka_2017081003 - Endar Sulistyowati.pdf

Download (132kB)

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 bagi masyarakat di Desa Giriwoyo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri menimbulkan kebiasaan baru yaitu berbelanja online yang menyebabkan perilaku impulse buying. Promosi penjualan dan motivasi belanja hedonik merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam peningkatan impulse buying. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan yang terdiri dari diskon, cashback, voucher, event dan motivasi belanja hedonik yang terdiri dari adventure shopping, gratification shopping, role shopping, social shopping, idea shopping, serta value shopping terhadap variabel impulse buying di era pandemi pada pengguna aplikasi Tokopedia di Desa Giriwoyo, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Desa Giriwoyo, kecamatan Giriwoyo, Wonogiri. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 160 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan dan motivasi belanja hedonik berpengaruh terhadap variabel impulse buying di era pandemi pada pengguna aplikasi Tokopedia di Desa Giriwoyo, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri. Hal ini dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,751 yang berarti bahwa variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebesar 75,1% sisanya 24,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: promosi penjualan, motivasi belanja hedonik, impulse buying
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Administrasi Bisnis
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:17
Last Modified: 01 Aug 2022 01:35
URI: https:///id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item