DIANI, Alvina Nia and Pambudi, Risma Sakti and Ariastuti, Reni (2024) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) di Apotek Sirnoboyo. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
SKRIPSI Alvina Nia Diani_2019141002 - Cover + Abstrak - Alvina Nia.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI Alvina Nia Diani_2019141002 - BAB I - Alvina Nia.pdf Download (343kB) |
|
Text
SKRIPSI Alvina Nia Diani_2019141002 - BAB II - Alvina Nia.pdf Download (557kB) |
|
Text
SKRIPSI Alvina Nia Diani_2019141002 - BAB III - Alvina Nia.pdf Download (467kB) |
|
Text
SKRIPSI Alvina Nia Diani_2019141002 - BAB IV - Alvina Nia.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI Alvina Nia Diani_2019141002 - BAB V - Alvina Nia.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI Alvina Nia Diani_2019141002 - Daftar Pustaka- Alvina Nia.pdf Download (457kB) |
|
Text
SKRIPSI Alvina Nia Diani_2019141002 - Lampiran- Alvina Nia.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kesehatan merupakan salah satu faktor yang menunjang kualitas hidup manusia. Apotek merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Pentingnya tentang penyampaian komunikasi, informasi dan edukasi itu sendiri bertujuan agar penyampaian informasi dan edukasi mengenai obat dapat mencegah terjadinya medication error komunikasi, informasi dan edukasi memiliki pengaruh yang besar terhadap kepuasan pasien. Pasien yang merasa puas dengan jasa pelayanan yang diterimanya akan memperlihatkan kecenderungan besar untuk menggunakan kembali jasa yang ditawarkan oleh pemberi jasa tersebut dimasa akan datang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) obat di Apotek Sirnoboyo. Penelitan ini menggunakan jenis penelitian observasional deskriptif analitik dilakukan dengan metode survey melalui pendekatan cross sectional penentuan sampel dengan cara accidental sampling. Teknik pengambilan data menggunaka kuesioner yang dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis skor tingkat kepuasan pasien pada penelitian ini menggunakan format skala likert. Sampel responden yang memenuhi kriteria inklusi penelitian sebanyak 100 responden. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil kepuasan pasien meliputi pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) didapatkan hasil 76,25 % termasuk dalam katagori puas dan keramahan petugas didapatkan hasil 80,83% termasuk katagori puas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apotek ; Edukasi ; Komunikasi ; Informasi ; Kepuasan |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Farmasi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:28 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 08:10 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2796 |
Actions (login required)
View Item |