WARDANI, Maulana Fajar and Widiyono, Widiyono and Herawati, Vitri Dyah (2024) Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Bangsal Mina RS Muhammadiyah Selogiri. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
Maulana Fajar-Cover + Abstrak.pdf Download (5MB) |
|
Text
Maulana Fajar-BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
Maulana Fajar-BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
Maulana Fajar-BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
Maulana Fajar-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Maulana Fajar-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Maulana Fajar-Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
Maulana Fajar-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang : Kepuasan pasien merupakan nilai subjektif terhadap kualitas pelayan yang diberikan. Kepuasan pasien terdiri dari beberapa aspek, salah satunya adalah kinerja dan komunikasi yang merupakan aspek paling berkaitan erat dengan perawat karena memiliki intensitas interaksi dengan pasien paling tinggi dibandingkan petugas kesehatan lain di Rumah Sakit. Faktor faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien adalah karakteristik produk, harga, pelayanan, lokasi, fasilitas, image, desing visual, suasana, dan komunikasi. Komunikasi yang dilakukan perawat dalam memberikan bantuan terhadap keluhan pasien dengan cepat dan tanggap. Tujuan : Mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien dibangsal mina RS Muhammadiyah Selogiri. Metode : Penelitian ini merupakan observasional analitik karena peneliti hanya melakukan observasi atau pengukuran variabel pada satu saat dimana setiap subjek hanya diobservasi 1 kali saja. Desain penelitian yang digunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini dimana rata-rata sensus pasien di ruang mina RS Mihammadiyah Selogiri didapatkan sebanyak 90 pasien. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sample penelitian sebanyak 73 pasien. Penelitian ini dilakukan RS Muhammadiyah Selogiri dilakukan bulan Desember 2020. Hasil : Ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di bangsal mina RS Muhammadiyah Selogiri dengan nilai value 0,001. Kesimpulan : Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di bangsal mina RS Muhammadiyah Selogiri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Terapeutik, Tingkat Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:19 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:19 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2809 |
Actions (login required)
View Item |