Gambaran Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi Pengguna Media Sosial TikTok di Universitas Sahid Surakarta

MAJIDAH, Muna and Musslifah, Anniez Rachmawati and Putri, Dhian Riskiana (2024) Gambaran Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi Pengguna Media Sosial TikTok di Universitas Sahid Surakarta. Jurnal Ilmiah Multidisipliner (JIM), 8 (11). pp. 102-111. ISSN 2118-7300

[img] Text
MUNA MAJIDAH_HALAMAN AWAL_2021031023.pdf

Download (775kB)
[img] Text
MUNA MAJIDAH_BAB I-II_2021031023.pdf

Download (540kB)
[img] Text
MUNA MAJIDAH_BAB III-IV_2021031023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text
MUNA MAJIDAH_BAB V_2021031023.pdf

Download (268kB)
[img] Text
MUNA MAJIDAH_DAFTAR PUSTAKA_2021031023.pdf

Download (322kB)
[img] Text
MUNA MAJIDAH_LAMPIRAN_2021031023.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jim/article/vi...

Abstract

Aplikasi media sosial TikTok memiliki banyak pengguna bahkan ditahun 2024 ini mencapai 127 juta pengguna, salah satunya di Indonesia. Pengguna terdiri dari berbagai kalangan, tidak terkecuali dari kalangan mahasiswi. Banyaknya mahasiswi yang memiliki akun media sosial TikTok dalam menggunakan aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Perilaku Konsumtif Pada mahasiswi Pengguna Media Sosial TikTok Di Universitas Sahid Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif sedangkan data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan pengamatan. Hasil dari penelitian ini bahwa ke 7 informan melakukan perilaku konsumtif pada pengguna media sosial TikTok. Hal ini disebabkan ke 7 informan tersebut berbelanja secara terus menerus, memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap suatu barang, tidak mampu menyeleksi barang yang dibutuhkan, bahkan belanja berlebihan serta cenderung sulit mengatur keuangan dengan baik. Mayoritas mahasiswi mengakses media sosial TikTok hanya untuk hiburan dan lapar mata dengan itu menimbulkan adanya sifat berbelanja yang dilakukan secara berlebihan karena rutin setiap bulannya pasti Check out dengan jumlah terbilang berkali-kali, adanya ketertarikan dengan trending yang ada sekaligus membeli tanpa mendasari kebutuhan mendesak atau membeli tidak terencana bahkan beberapa informan menyebutkan hanya jadi bahan gabutnya. Kata Kunci: mahasiswi, media sosial tiktok, perilaku konsumtif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mahasiswi, media sosial tiktok, perilaku konsumtif.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi
Depositing User: Muna Majidah
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:36
Last Modified: 14 Aug 2025 07:36
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item View Item