LUKMANDAR, Robeth Is and Musslifah, Anniez Rachmawati and Purnomosidi, Faqih (2016) Hubungan Antara Penyesuaian Diri dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Perantauan di Universitas Sahid Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
![]() |
Text
Skripsi Hal. Awal.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab I.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab II.pdf Download (14MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sektor terpenting yang perlu diperhatikan dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional. Pendidikan erat kaitannya dengan belajar. Pengertian belajar menurut Walgito (2006) adalah pembentukan tingkah laku baru yang sifatnya dapat dikendalikan. Banyak hal yang dikeluhkan oleh pelajar khususnya mahasiswa yang merantau. Diantaranya adalah sulitnya beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal yang baru, sulitnya proses dalam menjalin hubungan dengan teman baru, ketidak mampuan hidup mandiri setelah berpisah dengan orang tua, hingga ketidak mampuan dalam mencapai hasil belajar yang baik. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa perantauan di Universitas Sahid Surakarta yang berstatus masih aktif, dengan sampel sebanyak 60 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini hanya menggunakan satu alat ukur, yaitu skala penyesuaian diri berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan Schneiders. Sedangkan untuk variabel prestasi belajar menggunakan IPK (Indeks Prestasi Komulatif). Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for Windows Release.hasil analisis diperoleh koefisien korelasi (Rxy) sebesar -0,055 dengan p = 0,679. Karena hasil korelasi bertanda negatif, maka dengan demikian hipotesis ditolak kebenarannya dengan taraf signifikansi p = 0,679 (p <0,000).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penyesuaian diri, belajar, dan prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:13 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:13 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |