CHRISTI, Kumala and Nugroho, Waego Hadi and Athusin, Syahri (2004) Pengaruh Beriklan Baris Terhadap Transaksi Jual Beli Pemasang Iklan (Studi Kasus Terhadap Iklan Cesspleng Harian Umum SOLOPOS). Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
![]() |
Text
Skripsi Hal. Awal.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab I.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab II.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melihat dari dekat pemilihan iklan baris terhadap transaksi jual beli pemasangan iklan. Lokasi penelitian ini dipilih di Harian Solopos. Dimana dalam kehidupan modern ini guna mengkomunikasikan sebuah produk atau jasa salah satu sarana yang dipilih adalah menggunakan iklan. Secara umum ada dua jenis iklan di media cetak yaitu iklan baris dan iklan kolom/display. Sementara penelitian ini menggambil iklan baris sebagai bahan kajian. Secara umum iklan barisa adalah iklan yang hanya terdiri dari kata-kata tanpa desain khusus dengan pembatasan jumlah baris dan karakter huruf. Penelitian ini mencoba melihat permasalahan minat masyarakat dalam menggunakan iklan baris dan jenis iklan baris yang dipilih serta bagaimana pengaruh iklan baris terhadap transaksi jual beli produk jasa. Sumber data yang dipergunakan dengan mengirimkan daftar pertanyaan kepada responden untuk diisi serta wawancara. Sedangkan responden yang dipilih dalam penelitian ini adalah pemasang iklan di Harian Solopos. Hasil penelitian menjunjukkan bahwa masyarakat dalam menjual barang atau jasa sering memanfaatkan iklan baris "Cesspleng" dfi Harian Solopos. Lebih dari 53% masyarakat yang ingin menjual barang atau jasa menggunakan iklan baris di harian Solopos. Keberadaan "Iklan Cesspleng" sendiri ternyata mendapat respon yang positif. Terbukti 76% responden mengatakan bahwa "Iklan Cesspleng"tersebut bermanfaat. Serta 53% responden sering memanfaatkan "Iklan Cesspleng" dalam menjual barang/jasa. Guna mendapatkan respon dari masyarakat, responden memilih memasang iklan paket 30 kali pemuatan guna mendapatkan hasil maksimal. Sebanyak 24 responden memilih paket tersebut karena dinilai paling efektif. Sementara itu hasil yang didapat responden atas pemasangan iklan tersebut yang mendapat perhatian masyarakat juga cukup besar. Lebih dari 20 orang responden menjawab lebih dari 11 orang merespon iklan mereka. Dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa iklan baris untuk pruduk-produk tertentu masih efektif sebagai sarana mempromosikan barang/jasa. Terutama "Iklan Cesspleng" di Harian Solopos yang mendapat respon positif baik pemasang iklan maupun mereka yang membutuhkan barang/jasa. Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa semakin lama orang memasang iklan berarti semakin banyak pula respon yang diterima oleh pemasang iklan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:43 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 08:43 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |