Strategi Marketing Public Relations Gedung Wayang Orang Sriwedari dalam Membangun Brand Awareness Melalui Media Sosial

Saputra, Fauzi Nanda and Wisudawanto, Rahmat and Indreswari, Esfandani Peni (2025) Strategi Marketing Public Relations Gedung Wayang Orang Sriwedari dalam Membangun Brand Awareness Melalui Media Sosial. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Fauzi Nanda Saputra_Halaman Awal_2021071016.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fauzi Nanda Saputra_BAB I_2021071016.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Fauzi Nanda Saputra_BAB II_2021071016.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Fauzi Nanda Saputra_BAB III_2021071016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
Fauzi Nanda Saputra_BAB IV_2021071016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Fauzi Nanda Saputra_BAB V_2021071016.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Fauzi Nanda Saputra_Daftar Pustaka_2021071016.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Fauzi Nanda Saputra_laampiran_2021071016.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://journal.appisi.or.id/index.php/wissen/arti...

Abstract

Wayang Orang Sriwedari merupakan pertunjukan teater tradisional Jawa yang mengadaptasi kisah-kisah dalam pewayangan yang telah berdiri sejak tahun 1911. Wujud eksistensi Gedung Wayang Orang Sriwedari tidak terlepas dari peran seorang public relations dalam menciptakan Strategi Marketing Public Relations. Metode penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mendapatkan informasi yang detail dan mendalam dari informan sebagai narasumber. Objek penelitian pada penelitian ini adalah Gedung Wayang Orang Sriwedari yang beralamatkan di Jl. Kebangkitan Nasional No.15, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta Jawa Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti melakukan penyebaran questioner untuk mengetahui level brand awareness sebagai capaian dari ketiga strategi yang telah dilakukan. Analisis data di dapatkan di lapangan dengan tahapan yakni redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa public relations Gedung Wayang Orang Sriwedari telah melakukan three ways strategy yaitu push strategy, push strategy, dan pass strategy. Dari ketiga strategi yang telah dilakukan oleh public relations Gedung Wayang Orang Sriwedari ditemukan masalah utama yaitu pada level brand awareness masih berada pada level unaware of brand dengan pencapaian pull strategy sebesar 74%, push strategy 90%, dan pass strategy 80%. Agar unggahan yang dilakukan Gedung Wayang Orang Sriwedari dapat dipahami, maka diperlukan penjelasan sehingga dapat dipahami sepenuhnya oleh pembaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing, Public Relations, Gedung Wayang Orang Sriwedari, Brand Awareness, Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fauzi Nanda Saputra
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:30
Last Modified: 06 Oct 2025 03:30
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item