Resepresentasi Nilai Budaya Dalam Iklan Televisi Rokok Dji Sam SOe Versi Mahakarya Indoensia 2015

PIYADI, Sarwo Olim and Martoatmodjo, Soegeng Toekio and Anwar, Ahmad Khoirul (2017) Resepresentasi Nilai Budaya Dalam Iklan Televisi Rokok Dji Sam SOe Versi Mahakarya Indoensia 2015. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
SARWO OLIM PRIYADI_1_COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
SARWO OLIM PRIYADI_ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text
SARWO OLIM PRIYADI_2_BAB_I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
SARWO OLIM PRIYADI_3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
SARWO OLIM PRIYADI_4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SARWO OLIM PRIYADI_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SARWO OLIM PRIYADI_6_BAB_V.pdf

Download (130kB)
[img] Text
SARWO OLIM PRIYADI_7_DAFTAR_ISTILAH-DAFPUST.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian yang mengangkat iklan televisi sebagai obyek penelitian, menjadi hal yang menarik bagi peneliti. Karena iklan televisi merupakan media yang memiliki tanda visual yang berhubungan dengan tanda yang ada di masyarakat. Tiap tanda memiliki relasi/asosiasi, sehingga menghasilkan makna yang tergantung dari sudut pandang penonton iklan televisi. Peneliti mengambil iklan sebagai objek penelitian yaitu iklan televisi rokok Dji Sam Soe versi Mahakarya Indonesia 2015, karena iklan televisi tersebut menurut peneliti memiliki nilai –nilai budaya yang terdapat dalam adegannya.Untuk mengungkap nilai budaya secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode semiotika guna mengungkap tanda –tanda yang tampak dalam iklan televisi tersebut untuk kemudian direpresentasikan menggunakan teori representasi Roland Barthes tentang signified, signifier, denotatif dan konotatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa representasi nilai budaya dalam iklan televisi rokok tersebut mempunyai ikatan hubungan dengan nilai agama, kepercayaan masyarakat lokal / daerah atau akulturasi dari budaya luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Iklan Televisi, Nilai Budaya
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:36
Last Modified: 01 Aug 2024 06:47
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item View Item