Analisis Strategi Pemasaran Produk Perlengkapan Rumah Tangga dengan Metode SWOT dan QSPM di Toko Berkah Abadi

Lisdiyanto, Eri and Indriastiningsih, Erna and Primasanti, Yunita (2024) Analisis Strategi Pemasaran Produk Perlengkapan Rumah Tangga dengan Metode SWOT dan QSPM di Toko Berkah Abadi. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Eri Lisdiyanto_Hal. Awal_2019051006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Eri Lisdiyanto_Bab I_2019051006.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eri Lisdiyanto_Bab II_2019051006.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eri Lisdiyanto_Bab III_2019051006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Eri Lisdiyanto_Bab IV_2019051006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Eri Lisdiyanto_Bab V_2019051006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Eri Lisdiyanto_Bab VI_2019051006.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eri Lisdiyanto_Daftar Pustaka_2019051006.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eri Lisdiyanto_Lampiran_2019051006.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/japt...

Abstract

Toko Berkah Abadi, supplier alat kebersihan dan perlengkapan rumah tangga, menghadapi tantangan penurunan penjualan akibat faktor internal dan eksternal. Faktor internal termasuk kurangnya promosi, harga ecer yang tinggi, jumlah karyawan yang kurang, dan ketiadaan media sosial dan website resmi. Di sisi lain, faktor eksternal melibatkan persaingan dari pesaing baru, kenaikan harga produk, pajak yang meningkat, produk impor yang lebih murah, preferensi konsumen untuk belanja online, dan promosi agresif oleh pesaing. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran di Toko Berkah Abadi menggunakan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Analisis IFE menghasilkan skor total -0,485, sementara analisis EFE menghasilkan 0,045. Hasil kuadran SWOT menempatkan perusahaan di kuadran III, menghadapi peluang pasar eksternal besar, tetapi dengan beberapa kelemahan internal. Strategi fokus adalah meminimalkan masalah internal untuk merebut peluang pasar. Alternatif strategi pada Matriks SWOT adalah strategi WO, dengan empat opsi untuk dipilih. Namun, matriks QSPM menyarankan strategi terbaik adalah membuat strategi promosi melalui media sosial (skor TAS 5,374) dan membuat website resmi dengan membuka sistem open reseller dan dropship (skor TAS 5,164). Dengan menerapkan strategi ini, diharapkan Toko Berkah Abadi dapat meningkatkan penjualan dan bersaing lebih efektif di pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, QSPM, SWOT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Teknik Industri
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 08 Dec 2025 02:22
Last Modified: 08 Dec 2025 02:22
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3725

Actions (login required)

View Item View Item