Sistem Penanganan Keluhan Sarana dan Prasarana IT Berbasis Web (Studi Kasus : Universitas Sahid Surakarta)

ADJI, Arya Kumara and Khusnuliawati, Hardika and Charolina, Astri (2021) Sistem Penanganan Keluhan Sarana dan Prasarana IT Berbasis Web (Studi Kasus : Universitas Sahid Surakarta). Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Arya Kumara Adji _Cover_2016061031 - Arya Kumara Adji.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Arya Kumara Adji _Abstrak_2016061031 - Arya Kumara Adji.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Arya Kumara Adji_Bab I_2016061031 - Arya Kumara Adji.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Arya Kumara Adji_Bab II_2016061031 - Arya Kumara Adji.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Arya Kumara Adji_Bab III_2016061031 - Arya Kumara Adji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Arya Kumara Adji_Bab IV_2016061031 - Arya Kumara Adji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
Arya Kumara Adji_Bab V_2016061031 - Arya Kumara Adji.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Arya Kumara Adji _Daftar Pustaka_2016061031 - Arya Kumara Adji.pdf

Download (125kB)

Abstract

Universitas Sahid Surakarta dilengkapi dengan sarana dan prasarana IT (information technology) yang memadai dan perkembangannya sangat pesat. Perkembangan sarana dan prasarana IT (information technology) peran aktif PSIT dalam menyiapkan sampai menyelesaikan masalah sarana dan prasarana IT yang ada di kampus. Dalam penyelesaian masalah sarana dan prasarana IT, banyak kendala yang terjadi pada platform yang digunakan oleh pihak PSIT. Tujuan pada penelitian ini membangun aplikasi web Sistem Penanganan Keluhan Sarana dan Prasarana IT di Universitas Sahid Surakarta yaitu SIMKIT yang merupakan sistem komputer pengelolaan data keluhan sarana prasarana IT yang baru untuk menyelesaikan masalah PSIT tersebut. Penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, wawancara, analisis dokumen. Analisis dan perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML), sedangkan pengujian menggunakan metode webqual 4.0 dan pengolah data statistik SPSS. Pada sistem penanganan keluhan sarana dan prasarana IT ada 3 aktor yang mengakses yaitu Pengadu, Petugas PSIT dan Administrator. Pengadu (Mahasiswa, Dosen, dan Karyawan Universitas Sahid Surakarta) memiliki akses untuk menyampaikan keluhannya pada platform di sistem. Petugas PSIT memiliki akses untuk menangani keluhan masuk dari Pengadu dan memberi tanggapan / feedback jika keluhan sudah tertangani. Adminsitrator memiliki akses web sepenuhnya untuk mengolah web menambah atau mengubah konten pada halaman administrator. SIMKIT berkonsep mobile-friendly yang dapat diakses melalui berbagai gawai dan metode yang dipakai adalah UML. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas usability aplikasi web SIMKIT ini mudah untuk digunakan dan desain aplikasi web SIMKIT ini sesuai dengan tipe website dekstop dan mobile friendly yang dapat diakses di beberapa gawai. Pada kualitas informasi aplikasi web SIMKIT ini yang disajikan mudah dipahami. Pada kualitas interaksi pelayanan aplikasi web SIMKIT ini memberi ruang untuk bebas berkomunikasi. Pada penilaian kepuasan pengguna secara keseluruhan, pengguna merasa puas dengan kinerja aplikasi web SIMKIT.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penanganan Keluhan; Sarana dan Prasarana IT; SIMKIT; Universitas Sahid Surakarta
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:17
Last Modified: 16 Jul 2024 07:25
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item