MUTIAH, Mutiah and Apsari, Fitri and Musslifah, Anniez Rachmawati (2015) Efektivitas Media Kartu Kata Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Integral Yaa Bunayya Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Media pembelajaran pada prinsipnya membantu guru dalam proses pembelajaran dikelas. Sehingga materi dapat difahami oleh siswa. Penggunaan kartu kata pernah diberikan dalam pembelajaran membaca oleh guru sentra di TK Integral Yaa Bunayya, namun belum diketahui tingkat keberhasilannya. Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengetahui efektivitas penggunaan media kartu kata sebagai media dalam pembelajaran membaca di kelompok A TK Integral Yaa Bunayya Surakarta yang dijadikan salah satu media dalam meningkatkan kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen terdiri dari 2 kelompok : yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan belajar membaca dengan media kartu kata bergambar, dan kelompok kontrol tidak dikenakan perlakuan. Subjek penelitian eksperimen anak kelompok A tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 siswa. Media kartu kata bergambar yang dibuat mengacu pada Permen DIKNAS nomor 58 tahun 2009 pada lingkup perkembangan bahasa dan keaksaraan. Hasil penelitian eksperimen didapatkan dari nilai pre test dan post tes terhadap 2 kelompok eksperimen dengan menggunakan analisis statistik parametri uji-t dengan nilai signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh uji normalitas kedua kelompok dengan nilai signifikansi 0,251 untuk pre test dan 0,357 data post tes, dengan 0,251>0,05 dan 0,357>0,05, maka dikatakan kedua kelompok berdistribusi normal maka tidak ada perbedaan kemampuan membaca antara kedua kelompok tersebut. Dari hasil uji-t diperoleh nilai 0,384>0,05, maka Ho diterima, artinya kemampuan membaca tidak berbeda secara signifikan. Hasil post test kedua kelompok menunjukkan nilai signifikansi 0,000<0,05, maka Ho diterima. Kesimpulannya kemampuan membaca permulaan pada siswa yang menggunakan media kartu kata lebih baik dari pada siswa yang tidak mendapatkan pembelajaran mebaca dengan kartu kata.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca permulaan, kartu kata bergambar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 01:57 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 04:08 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/1836 |
Actions (login required)
View Item |