WAHYUDI, Wahyudi and Riyanto, Buddy and Pratiwi, Dyah Retno (2016) Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Eksistensi Komunitas True Blue Indonesia. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
WAHYUDI_1_COVER-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
WAHYUDI_2_BAB_I.pdf Download (211kB) |
|
Text
WAHYUDI_3_BAB_II.pdf Download (237kB) |
|
Text
WAHYUDI_4_BAB_III.pdf Download (42kB) |
|
Text
WAHYUDI_5_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
WAHYUDI_6_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
WAHYUDI_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf Download (675kB) |
Abstract
Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Bisnis dan Komunikasi. Universitas Sahid Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial dalam membangun eksistensi komunitas True Blue Indonesia berdasarkan pada teori fungsi komunikasi massa MacBridge. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang merupakan suatu prosedur penelitian dengan menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati. Adapun objek penelitian ini adalah komunitas True Blue Indonesia dengan sumber data berasal dari informan yang terdiri dari 2 orang Board of Directors (BoD) True Blue Indonesia, 1 orang Chief Operating Officer (COO) Blues Troops, 7 orang pengurus zona True Blue Indonesia, dan 6 anggota aktif True Blue Indonesia serta melalui dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Hasilnya, pemanfaatan media sosial dalam membangun eksistensi yang dilakukan oleh komunitas True Blue Indonesia berjalan efektif. Pemanfaatan media sosial memenuhi fungsi informasi, sosialisasi, motivasi, perdebatan, diskusi, pendidikan, hiburan, dan integrasi. Fungsi komunikasi massa melalui media sosial dalam membangun eksistensi komunitas True Blue Indonesia berjalan efektif karena memperhatikan karakteristik media sosial, ciri-ciri media sosial, dan memperhatikan aspek-aspek yang dapat membantu penggunaan media sosial menjadi lebih efektif seperti menentukan target dan jenis media sosial yang akan digunakan, the power of creative content, menjalin komunikasi efektif secara personal, dan mencari pihak yang tepat .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Agung Ferdiyanto Hapsah |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 06:18 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:34 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/228 |
Actions (login required)
View Item |