FAHRUNISA, Aufi Rahma and Rachmawati, Anniez and Rifayani, Hastuti (2024) Hubungan antara Self Efficacy dan Regulasi Emosi terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
Cover + Abstrak - Aufi Rahma - 2020031014_PSIKOLOGI.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI AUFI RAHMA_2020031014_PSIKOLOGI.pdf Download (415kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI AUFI RAHMA_2020031014_PSIKOLOGI.pdf Download (535kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI AUFI RAHMA_2020031014_PSIKOLOGI.pdf Download (567kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI AUFI RAHMA_2020031014_PSIKOLOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V SKRIPSI AUFI RAHMA_2020031014_PSIKOLOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka - Aufi Rahma - 2020031014_PSIKOLOGI.pdf Download (382kB) |
|
Text
Lampiran - Aufi Rahma - 2020031014_PSIKOLOGI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan regulasi emosi terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa di Surakarta. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif yang berasal dari perguruan tinggi di kota Surakarta dengan subjek penelitian sebanyak 150 mahasiswa dan menggunakan metode purposive random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket skala yang mengacu pada teori self efficacy milik Bandura (1997), angket yang mengacu pada teori regulasi emosi dari Gross (2014), dan angket resiliensi akademik milik Cassidy (2016). Analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara self efficacy dan regulasi emosi terhadap resiliensi akademik mahasiswa. Hasil analisis menyatakan pada variabel self efficacy dan regulasi emosi terhadap variabel resiliensi akademik memiliki nilai signifikansi masing-masing adalah sebesar 0,000 serta nilai r square sebesar 0,652 yang mana dalam penelitian ini menyatakan bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self efficacy dan regulasi emosi mahasiswa maka akan semakin tinggi pula resiliensi akademik pada mahasiswa dan begitu juga sebaliknya, semakin rendah tingkat self efficacy dan regulasi emosi maka semakin rendah pula resiliensi akademik pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self efficacy, Regulasi Emosi, Resiliensi Akademik, Mahasiswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi |
Depositing User: | Yohana W |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 03:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:53 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2843 |
Actions (login required)
View Item |