ERANG, Oktafiondi Amarza Barigas S and Lukitasari, Evelyne Henny and Wibowo, Yudi (2024) Design Creative Kemasan UMKM Es Coklat Cokot Waduk Cengklik. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
![]() |
Text
OKTAFIONDI AMARZA BARIGAS_Cover+Abstrak.pdf Download (806kB) |
![]() |
Text
OKTAFIONDI AMARZA BARIGAS_BAB I_2019021050.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
OKTAFIONDI AMARZA BARIGAS_BAB II_2019021050.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
OKTAFIONDI AMARZA BARIGAS_BAB III_2019021050.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text
OKTAFIONDI AMARZA BARIGAS_BAB IV_2019021050.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
OKTAFIONDI AMARZA BARIGAS_BAB V_2019021050.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
OKTAFIONDI AMARZA BARIGAS_DAFTAR PUSTAKA_2019021050.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
OKTAFIONDI AMARZA BARIGAS_GLOSARIUM_2019021050.pdf Download (144kB) |
Abstract
Kemasan merupakan salah satu poin penting dalam membangun emosional suatu brand ke konsumen, agar konsumen dengan mudah mengenali brand tersebut dan untuk menjaga kualitas suatu brand. Terkadang masih banyak brand yang tidak memikirkan desain kemasan yang akan digunakan oleh brandnya contoh seperti brand UMKM Es Coklat Cokot. Pada brand Es Coklat Cokot kemasan yang terdapat pada produk roti yang mereka jual memiliki banyak sekali kelemahan, seperti mereka tidak menggunakan kemasan untuk penyajian rotinya hingga kualitas dari roti akan lambat laun menurun karena disajikan secara terbuka, kemasan roti yang mereka gunakan dalam penyajian hanya plastik bening yang tidak tertutup hingga roti akan cepat berjamur. Maka dari itu dapat kita simpulkan dalam suatu brand sangat diperlukan sekali kemasan yang efektif dan memakan budget yang minim, perancangan creative kemasan ini bertujuan untuk memberikan kesan yang lebih menarik dan juga memberikan ketahanan produk yang dijual kepada konsumen Es Coklat Cokot hingga dapat dinikimati kapan saja. Metode perancangan yang digunakan dalam perancangan creative kemasan ini menggunakan metode kualitatif yang mengumpulkan data secara langsung melalui resiko kerusakan pada produk, melalui wawancara, internet, dan media social. Perancangan ini menghasilkan rancangan desain yang menggunakan konsep minimalist modern dengan menggunakan axial layout, 2 warna pastel, font Lemon Milk, dan line art yang terkesan minimalist. Sehingga perancangan ini meningkatkan nilai beli konsumen dan dapat mempertahankan produk UMKM Es Coklat Cokot Waduk Cengklik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Design, Creative Kemasan, Coklat Cokot |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Oktafiondi Amarza barigas s. Erang |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:34 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:34 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |