MANEK, Yohanes Stephen and Ariastuti, Reni and Pambudi, Risma Sakti (2024) Gambaran Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Konsumen Terhadap Pembelian Obat Bebas di Apotek "X" Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
Yohanes Stephen Manek_Skripsi_2020143002_S1 Farmasi - Cover + Abstrak.pdf Download (775kB) |
|
Text
Yohanes Stephen Manek_Skripsi_2020143002_S1 Farmasi - BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text
Yohanes Stephen Manek_Skripsi_2020143002_S1 Farmasi - BAB II.pdf Download (197kB) |
|
Text
Yohanes Stephen Manek_Skripsi_2020143002_S1 Farmasi - BAB III.pdf Download (264kB) |
|
Text
Yohanes Stephen Manek_Skripsi_2020143002_S1 Farmasi - BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
Yohanes Stephen Manek_Skripsi_2020143002_S1 Farmasi - BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text
Yohanes Stephen Manek_Skripsi_2020143002_S1 Farmasi - Daftar Pustaka.pdf Download (211kB) |
|
Text
Yohanes Stephen Manek_Skripsi_2020143002_S1 Farmasi - Lampiran.pdf Download (719kB) |
Abstract
Obat bebas merupakan obat yang dapat dibeli secara bebas di toko obat seperti apotek, supermarket, toko obat. Pemilihan obat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor efektifitas obat, harga obat, desain kemasan obat, keamanan, merek obat, promosi dan rekomendasi pihak lain. Masyarakat seringkali mendapatkan informasi obat melalui orang keorang dan iklan, baik dari media cetak maupun elektronik yang merupakan jenis informasi paling berkesan sangat mudah ditangkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor apa saja yang mempengaruhi pilihan konsumen terhadap pembelian oat bebas di Apotek “X” di Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif cross sectional. Data primer dikumpulkan melalui pengamatan langsung tentang gambaran faktor yang mempengaruhi pebelian obat bebas tanpa resep dokter di apotek . Data diambil sebanyak 100 responden konsumen dari suatu Apotek “X” di Surakarta. Data penelitian diolah menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa gambaran faktor yang berpengaruh terhadap pilihan konsumen dalam pembelian obat bebas di Apotek “X” Surakarta adalah faktor efektifitas dengan hasil 74,80%, faktor keamanan dengan hasil 73,88%, faktor desain kemasan dengan hasil 74,2%, faktor harga dengan hasil 74,4%, faktor merek dengan hasil 74,95%, faktor promosi dengan hasil 73,10% dan faktor rekomendasi pihak lain dengan hasil 70,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor terbesar yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan obat di apotek “X” Surakarta adalah faktor merek dengan hasil rata – rata sebesar 74,95%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Obat Bebas, Konsumen, Apotek |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 01:45 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 08:22 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2805 |
Actions (login required)
View Item |