AISYAH, Siti Nurbani and Wisudawanto, Rahmat and Azis, Hasbullah (2024) Penerapan IMC (Integrated Marketing Communications) oleh Pemerintahan Kabupaten Sukoharjo pada Kegiatan Sukoharjo Expo 2023. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
![]() |
Text
Siti Nurbani Aisyah_Cover + Abstrak_ 2020073004.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Siti Nurbani Aisyah_BAB I_ 2020073004.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Siti Nurbani Aisyah_BAB II_ 2020073004.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Siti Nurbani Aisyah_BAB III_ 2020073004.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Siti Nurbani Aisyah_BAB IV_ 2020073004.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Siti Nurbani Aisyah_BAB V_ 2020073004.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Siti Nurbani Aisyah_Daftar Pustaka_ 2020073004.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Siti Nurbani Aisyah_Lampiran_ 2020073004.pdf Download (2MB) |
Abstract
Keberhasilan sebuah event berdampak pada peningkatan citra intitusi. Citra yang baik dari sebuah institusi mempengaruhi kepercayaan publik kepada institusi tersebut dan dapat menguntungkan pihak institusi. Salah satu event yang diselenggarakan oleh Pemkab Sukoharjo dalam membentuk citra institusinya adalah Sukoharjo Expo. Sukoharjo Expo adalah kegiatan yang mengusung tema “Ekonomi Kerakyatan, Penggerak Kejayaan Ekonomi Nasional” merupakan event pameran dalam rangka peringatan hari jadi ke-77 Kabupaten Sukoharjo dan mendukung pemulihan ekonomi untuk usaha mikro menengah dan berbagai bidang. Penerapan IMC menunjang humas dalam berkomunikasi dengan publiknya khususnya pada saat humas mempromosikan kegiatan. Hal tersebut dapat membantu institusi untuk menyampaikan pesan yang kuat, jelas, dan konsisiten sehingga komunikan dapat benar-benar menerima dan memahami pesan yang ingin di sampaikan institusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkategorisasikan dan menjelaskan implementasi strategi IMC pada kegiatan Sukoharjo Expo 2023. Penelitian ini menggunakan teori dari Morissan (2015) yang menyatakan 7 kategori Komunikasi Pemasaran Terpadu atau Integrated Marketing Communications. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang sumber datanya berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik sampling pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukoharjo pada event Sukoharjo Expo 2023 seluruhnya telah menerapkan ke-7 teori Morissan (2015) yaitu Periklanan (Advertising), Penjualan personal (Personal Selling), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relations), Pemasaran Langsung (Direct Marketing), Pemasaran interaktif / internet, dan Internet marketing. Hasil temuan kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT untuk menentukan kelebihan, kelemahan, peluang, dan ancamannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sukoharjo Expo 2023, Intregrated Marketing Communications, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 19 May 2025 02:29 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:29 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |